Karakter Utama Wirausaha adalah Bersahabat dengan Ketidakpastian


Ketidakpastian merupakan sahabat sejatinya para wirausaha. Hal ini yang menjadikan ketidakpastian sebagai karakter utama yang harus dimiliki oleh para wirausaha. Wirausaha seperti yang kita tahu dari hari ke hari bergelut dengan yang namanya ketidakpastian, beda banget dengan mereka yang lebih memilih profesi sebagai pekerja, manajer atau professional executive.

karakter wirausaha adalah bersahabat ketidakpastian

Wirausaha Bersahabat dengan Ketidakpastian

Mereka ini yang memilih menjadi karyawan dan kelak berusaha agar menjadi manajer sudah pasti menghindari yang namanya ketidakpastian. Mereka maunya yang pasti-pasti aja, contohnya untuk masalah gaji, gaji kecil bagi mereka itu ga papa, yang penting pasti dibayar hehehe… Lalu setiap tanggal mendapatkan penghasilan tetap, dan juga setiap tahun ada kenaikan jabatan, bisa pindah bekerja, mendapatkan posisi yang lebih baik pula, serta dapat tunjangan yang besar. Tapi bukan berarti menjadi karyawan dan manajer itu rendah ya, disini hanya menekankan bahwa perbedaan antara karyawan dengan wirausaha terletak pada ketidakpastian hidupnya, dimana wirausaha itu jalan hidupnya penuh ketidakpastian, sedangkan karyawan jalan hidupnya itu sudah pasti yang didapatkan dari tempat kerja mereka.

Lantas wirausaha gimana?

Keadaannya berbalik 180 derajat. Dimana para wirausaha tidak mendapatkan penghasilan tetap kecuali usaha mereka sudah stabil. Semua fasilitas harus dibayar dari uang yang dicari sendiri. Jadi kapan saja bisa ada uang, bisa juga harus ngutang (kalau bisa jangan ngutang ya, hehehe…). Bahkan bagi mereka di tahap-tahap awal adalah masa yang paling sulit. Mereka harus membangun usaha mereka dari nol, mencari modal usaha, membangun kepercayaan kepada klien, semuanya itu harus dibangun setahap demi setahap dengan menghadapi berbagai tantangan yang ada…

Bagi mereka kesulitan bukan halangan, bukan pula akhir dari langkahnya. Justru pemenang sejati adalah mereka yang tak pernah menyerah. Hanya yang menyerah yang tak pantas menjadi pemenang. Kesulitan adalah tantangan, di pikiran mereka tertuju pada sasaran-sasaran akhir yang indah, yang sudah mereka tanamkan dalam benak mereka bahwa hanya dengan keyakinan dan tekad mereka mampu mencapainya. Semangat mereka bukan untuk hari itu saja, melainkan keadaan di suatu hari nanti, hari yang indah.

Itulah para wirausaha yang dipenuhi dengan ketidakpastian. Karena karakter utama mereka adalah bersahabat dengan ketidakpastian

Share! It’s Good For Us

Lihat juga :

Belajar Bisnis Online Bersama SB1M Yuk

Gabung Free Membernya aja dulu…SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Leave a comment